|
CIRI-CIRI PENELITIAN KUALITATIF
DAN KUANTITATIF
|
|
|
KUALITATIF
|
KUANTITATIF
|
|
Frase yang berkaitan dengan
pendekatan
|
|
|
etnografis
|
eksperimen
|
|
dokumentasi
|
data keras
|
|
penelitian
lapangan
|
perpektif
luar
|
|
data lunak
|
empiris
|
|
interaksi
simbolis
|
positivis
|
|
perspektif
dalam
|
fakta
sosial
|
|
naturalistik
|
statistik
|
|
etnometodologis
|
metode
ilmiah
|
|
Deskriptif
|
|
|
pengamatan
pelibatan
|
|
|
fenomenologis
|
|
|
aliran
Chicago
|
|
|
riwayat
hidup
|
|
|
studi
kasus
|
|
|
ekologis
|
|
|
naratif
|
|
|
interpretatif
|
|
|
Konsep penting yang berkaitan
dengan pendekatan
|
|
|
makna
|
variabel
|
|
pemahaman
akal sehat
|
opersional
|
|
penggolongan
|
reliabilitas
|
|
definisi
situasi
|
hipotessis
|
|
kehidupan
sehari-hari
|
validitas
|
|
tatanan
negosiasi
|
signifan
secara statistik
|
|
proses
|
replikasi
|
|
pemahaman
|
prediksi
|
|
tujuan
praktis
|
|
|
konstruksi
sosial
|
|
|
teori
dasar
|
|
|
Nama yang berkaitan dengan
pendekatann
|
|
|
Max Weber
|
Emile
Durkheim
|
|
Charles
Horton Cooley
|
Fred
Kerlinger
|
|
Harold
Garfinkel
|
Edward
Thorndike
|
|
Margaret
Mead
|
Robert
Bales
|
|
W.I Thomas
|
Donald
Chambell
|
|
Everelt
Hughes
|
|
|
Ervng
Golfman
|
|
|
Herbert
Blumer
|
|
|
Afiliasi Teoritis
|
|
|
interaksi
simbolis
|
fungsionalisme
struktural
|
|
etnometodologi
|
realisme,
positivisme
|
|
fenomenologi
|
behaviorisme
|
|
kebudayaan
|
empirisme
logis
|
|
idealisme
|
teori
sistem
|
|
Afiliasi akademis
|
|
|
sosiologi
|
psikologis
|
|
sejarah
|
ilmu
ekonomi
|
|
antropologi
|
sosiologi
|
|
ilmu
politik
|
|
|
Tujuan
|
|
|
mengembangkan
konsep
|
menguji
teori
|
|
memerikan
realitas ganda
|
menstabilkan
fakta
|
|
teori
dasar (grounded theory)
|
deskripsi
statistik
|
|
mengembangkan
pemahaman
|
menunjukkan
hubungan antar variabel
|
|
memprediksi
|
|
|
Rancangan
|
|
|
berkembang,
lentur, umum
|
terstruktur,
ditentukan di awal, formal, khusus
|
|
rancangan
sebagai panduan proses penelitian
|
rencana
kerja operasional
|
|
Usulan penelitian
|
|
|
singkat
|
panjang
lebar
|
|
spekulatif
|
fokus
rinci dan khusus
|
|
menunjukkan
bidang yang relevan diteliti
|
prosedur
rinci dan khusus
|
|
sering
ditulis setelah ada data terkumpul
|
melalui
tinjauan pustaka yang substantif
|
|
kajian
pustaka yang substantif singkat
|
ditulis
sebelum ada datanya
|
|
ancangan
disebut secara umum
|
hipotesa
dinyatakan
|
|
Data
|
|
|
deskriptif
|
kuantitatif
|
|
dokumen
pribadi
|
kode
kuantitatif
|
|
catatan
lapangan
|
bilangan,
ukuran
|
|
foto
|
variabel
operasional
|
|
kata-kata
pelaku sendiri
|
statistik
|
|
dokumen
resmi dan artefak
|
|
|
Sampel
|
|
|
kecil
|
besar
|
|
tidak
mewakili
|
berstratifikasi
|
|
sampel
teoritis
|
kelompok
kontrol
|
|
sampel
bola salju
|
tepat,
cermat
|
|
bertujuan
|
dipilih
acak
|
|
kendali
kontrol untuk variabel luar
|
|
|
Taktik atau Metode
|
|
|
observasi
|
eksperimen
|
|
observasi
partisipasi
|
observasi
terstruktur
|
|
tinjauan
atas berbagai dokumen
|
eksperimen
semu
|
|
wawancara
terbuka/berkembang
|
wawancara
terstruktur
|
|
penjelasan
sumber pertama
|
survei
|
|
Hubungan dengan subyek
|
|
|
empati
|
ada
pembatasan
|
|
menekankan
kepercayaan
|
jangka
pendek
|
|
kesetaraan
|
ada jarak
|
|
subyek
sebagai sahabat
|
subyek-peneliti
|
|
hubungan
dekat
|
musiman
|
|
Instrumen dan alat
|
|
|
tape
recorder
|
inventori,
kuesioner
|
|
alat
penyalin tulisan
|
komputer
|
|
komputer
|
indeks,
skala, skor tes
|
|
Analisa dataa
|
|
|
berkelanjutan
|
deduktif
|
|
model,
tema, konsep
|
dikerjakan
selesai pengumpulan data
|
|
induktif
|
statistik
|
|
induksi
analitis
|
|
|
metode
komparatif
|
|
|
Masalah dalam penggunaan
pendekatan
|
|
|
prosedur
tidak baku
|
mengendalikan
variabel-variabel lain
|
|
memakan
waktu
|
mengontorol
variabel lain
|
|
sulit
mereduksi data
|
reifikasi
|
|
reliabilitas
|
obtrusiveness
|
|
prosedur
tidak baku
|
validitas
|
|
sulit meneliti populasi besar
|
|
Minggu, 05 Januari 2014
Perbedaan Kuantitatif dan Kualitatif
Categories
Materi,
Metodologi Penelitian Pendidikan,
paper
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
blogging



0 komentar:
Posting Komentar