Komponen dari Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) terdiri dari 3 bagian. Yaitu Hardware, Software, Brainware.
I. Hardware
Hardware merupakan peralatan fisik ataupun perangkat keras dari sebuah
komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware teridiri dari
input, proses, dan output.
1. Input (masukan)
Masukan (input) unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Macam-macam
perangkat input :
a. Keyboard
Keyboard ditemukan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak
dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard adalah
papan ketik yang berfungsi sebagai media interaksi antara user dengan
mesin. Merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk
mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.
Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan
tuts/papan ketik.
b. Mouse
Mouse ditemukan pertama kali oleh Douglas Engelbert. Penunjuk (pointer)
yang dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil
yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk mengetahui kemana
arah yang dikehendaki oleh pemakainya sensor ini diantaranya adalah
melalui bola dan cahaya. Untuk mouse yang memiliki sensor dengan
menggunakan bola, jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang
terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di
dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas
dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal
(mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah). Pada sebagian besar
mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang
berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Namun ada
tombol ketiga yaitu tombol scroll tombol ini berguna untuk menaik
turunkan jendela windows.
c. Joystick
Piranti masukan berupa tongkat, yang menangkap gerakan-gerakan dinamis,
dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah oleh komputer.
Joystick disebut juga penggerak penunjuk. Joystick biasanya digunakan
sebagai alat permainan (game).
d. Track Ball
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini
mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
e. Digitizer
Piranti masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepat
dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar
kertas ke layar komputer.
f. Voice recognition
Pengenal suara. Kemampuan mengenal secara spesifik suara individual,
mirip dengan pengenalan sidik jari. Teknologi ini memiliki kemampuan
untuk menafsirkan kata-kata yang diucapkan oleh manusia. Dalam
pengaplikasiannya dengan menggunakan teknologi ini, anda dapat memberi
perintah kepada komputer secara lisan. Misalnya dengannya anda dapat
menulis surat tanpa perlu mengetiknya. Untuk itu anda harus menggunakan
mikrofon.
g. Kamera
Kamera yang mampu merekam gambar diam atau bergerak kepada bit-bit data
ke dalam file komputer. Kamera merupakan suatu program untuk mengambil
gambar .
h. Scanner
Scanner banyak digunakan untuk memindai gambar, tulisan, atau
objek benda kedalam format elektronik sehingga dapat diolah komputer.
Scanner akan mengukur cahaya untuk memperoleh image. Umumnya kualitas
scanner dilihat pada kualitas gambar yang dihasilkannya.
i. Mic (microphone)
Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic
memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut
yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
Ada juga alat yang dapat menjadi input dan output alat seperti itu
disebut terminal. Terminal dapat dihubungkan langsung dengan komputer
dengan menggunakan kabel dari USB (Universal Serial Bus) atau alat yang
lain. Terminal juga dibagi menjadi tiga yaitu :
Non
intelligent terminal atau dumb terminal : hanya berfungsi sebagai
perangkat untuk memasukkan input dan menampilkan output, namun tidak
dapat memprogram semua itu karena tidak mempunyai alat pemproses.
Smart
terminal : mempunyai alat pemproses dan memori di dalamnya sehingga
input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali program ini
tidak dapat di program oleh pemakainya hanya bisa oleh pabrik buatannya
saja.
Intellegent
terminal : mempunyai alat pemproses dan memori di dalamnya sehingga
input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali program ini
dapat di program oleh pemakainya. Peralatan input yang tidak mempunyai
fungsi ganda dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
• Input langsung : input yang dimasukkan langsung diproses
oleh alat pemproses. Contoh : keyboard, mouse, layar sentuh,
tablet,scanner, sensor pada kamera digital, serta
microphone.
• Input tidak langsung : input yang dimasukkan tidak
langsung diproses oleh alat pemproses. Contoh : magnetic
disk (disket, hard disk), opticaldisk (CD, DVD, VCD).
Magnetic disk mampu menyimpan informasi berupa data dan program melalui
magnetisasi suatu medium, sedangkan optical disk mampu
menyimpan informasi melalui cahaya atau laser yang ditangkap oleh
keping CD/VCD/DVD.
2. Prosesing
Tahap ini merupakan tahap pengolahan yang dilakukan oleh
komputer terhadap data-data yang telah dimasukkan dalam operasi input.
Tahap ini juga merupakan pusat dari segala aktivitas komputer. CPU atau
processor adalah media yang menjadi tempat berlangsungnya proses ini.
CPU juga biasa dianggap sebagai otak dari komputer. Karena segala
aktivitas komputer berinti di sini.
a. CPU
CPU,
singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari
perangkat lunak.
b. Motherboard
Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang
padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu
lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti
peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse,
scanner), atau printer untuk mencetak.
c. Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang
didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang
mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan
sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan
perhitungan dan menjalankan tugas.
d. RAM (Random Access Memory)
Memori penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga
dengan memory kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara
(volatile), maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off), maka
data yang disimpan pada memori ini akan hilang.
e. ROM (Read Only Memory)
ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai
untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dalam suatu
komputer. Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis
penyimpanan yang hanya bisa dibaca. Read Only Memory bersifat
non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan.
f. VGA (Video Graphics Accelerator) Card
untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga
memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit) dan
membutuhkan memory juga.
g. LAN (Local Area Network) Card
kartu yang dipasang pada mainboard sebagai alat penghubung komputer
dalam suatu jaringan/network. Pengertian Ethernet merupakan jenis
skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan.
h. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)
Suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi
komputer dan bersifat semi permanen. CMOS memerlukan daya yang sangat
kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai
sebagai sumber daya listriknya.
i. Harddisk
Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Di situlah
seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap
data dan informasi disimpan.
j. Floppy Disk
Perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan
magnetis bulat yang tipis dan lentur, dilapisi lapisan persegi yang
berbentuk persegi atau persegi panjang.
k. CD ROM
Digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM.
CD-ROM keluaran terbaru dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan
juga CD-RW (CD yang dapat ditulis berulang-ulang).
l. DVD ROM
Perangkat komputer yang berfungsi sebagai pembaca data pada DVD.
Perangkat ini memiliki bentuk fisik sama persis seperti CD ROM Drive,
akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda.
m. Power Supply
sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer.
3. Output (keluaran)
Perangkat output adalah perangkat yang mengeluarkan data, program, atau yang lain sebagainya. Contoh-contohnya yaitu :
a. Monitor
Monitor/Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita
ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh processor. Monitor
disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU) Media output untuk
menampilkan/memperlihatkan informasi sehingga dapat dibaca dan diketahui
oleh manusia.
b. LCD Proyektor
LCD proyektor berfungsi untuk menampilkan gambar hasil dari pemprosesan
data. Hanya saja LCD membutuhkan perangkat lain yang dapat menerima data
& program tersebut. mediumnya lebih baik berwarna putih dan
berbidang datar.
c. Printer
Alat pencetak. Istilah ini umum digunakan untuk pencetak karakter atau
gambar ke suatu media (seperti kertas). Printer mempunyai satuan
kecepatan yaitu CPS (character per second), LPM (line per minute), atau
PPM (pages per minute). Printer ada yang dapat mencetak dalam warna dan
ada yg tidak.
d. Speaker
Pengeras suara, penghasil suara, untuk mendengar suara.
II. Software
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data
elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan
menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah
suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
1. Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan
distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar,
software gratis atau free (Freeware, free software, shareware, adware) .
a. Software berbayar
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk
tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan
software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang
mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya
tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas
tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah
sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photoshop, dan
lain-lain.
b. Freeware
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer
berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari
shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka
waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para
pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware
“untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin
mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol
terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai
program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah
contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News,
juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
c. Free Software
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus
gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba
perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti
dari kebebasan : program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat
digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi
free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan
dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai
cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware,
shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program
dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka
berasal.
Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul
dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas
dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya,
Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus
gratis.
d. Shareware
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu.
Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai
demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas
atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari).
Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk
sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah
contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus,
perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi
yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati
maksimum, program akan berhenti bekerja dan anda perlu membeli produk
jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun
termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware.
Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang
memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk
masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
III. Brainware
Brainware Komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam
kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware
juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan
dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software
komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang
canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berdasarkan
tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :
1. System Analyst
System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas
penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan
pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan
organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan
yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.
Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian :
analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan
orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst
untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman
tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta
menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu
seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari
teknologi informasi. Dan seorang system analyst harus mampu untuk
bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta
perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu
seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan
perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam
berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer,
administrator dan profesi sistem lainnya.
2. Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan
menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C,
Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan
petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem
komputerisasi yang akan dirancang.
3. Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu
sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem
komputer atau jaringan komputer.
4. Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan
sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan
apilkasi-aplikasi tertentu.































0 komentar:
Posting Komentar